SELAMAT DATANG DI AHLUL BAIT NABI SAW

AHLUL BAIT NABI SAW: Media Agama Dan Hati Umat Islam * Media Persatuan dan Kesatuan Sunni Dan Syiah


Nama Buku:           Nahjul Balaghah
Penulis:                   SAYID SYARIF RADHI


PRAKATA PENYUSUN

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Amma ba 'du, segala puji bagi Allah, yang menjadikan segala pujian itu patut bagi karunia-Nya, perlindungan terhadap hukuman-Nya, jalan ke surga-Nya, dan sarana untuk melipatgandakan perlakuan baik-Nya. Dan salawat atas Rasul-Nya, Nabi yang pengasih, suluh umat, yang terpilih dari sumber kebesaran dan keluarga yang lama terhormat, taman segala kemuliaan yang mengasyikkan dan cabang kemuliaan penuh buah dan daun, dan atas para anggota keluarganya yang merupakan lentera-lentera atas kegelapan, perlindungan umat, mercu agama yang gemerlapan dan panji tinggi kebesaran; semoga Allah mencurahkan kepada mereka semua rahmat yang sesuai dengan keutamaan mereka, sebagai pahala atas amal perbuatan mereka dan sesuai dengan kesucian keturunan mereka, selama fajar dan bintang-bintang bercahaya.

Dalam usia remaja, saya mulai menulis buku tentang karakteristik para imam, yang meliputi riwayat tentang kebajikan dan karya-karya utama lisan mereka. Tujuan kompilasi ini telah saya nyatakan pada permulaan buku itu. Di dalamnya saya lengkapi bagian yang bertalian dengan keterangan tentang Amirul Mukminin Ali a.s., tetapi saya tak dapat melengkapi bagian tentang imam-imam lainnya karena halangan waktu. Saya membagi buku itu menjadi beberapa bab dan bagian, dan bagian terakhir terdiri dari ucapan-ucapan singkat Ali a.s., nasihat, kata mutiara dan peribahasa, tetapi bukan khotbah-khotbah panjang dan wacana mendetail.

Sejumlah sahabat dan teman seiman saya, sementara merasa takjub akan ungkapan-ungkapannya yang halus dan indah, mengagumi isi bagian khusus ini, dan menginginkan saya menyempurnakan sebuah buku yang akan meliputi semua bentuk ungkapan Amirul Mukminin, termasuk aneka bahan seperti khotbah, surat, nasihat, akhlak, dan sebagainya, karena mereka yakin bahwa seluruh hasil karya itu akan merupakan hal yang menakjubkan dan mengejutkan tentang kefasihan dan retorika, permata-permata bahasa Arab dan ungkapan-ungkapan cemerlang tentang agama dan dunia —yang selama ini tak terkumpul dalam suatu buku dan tidak terdapat sekaligus dalam satu buku— karena Amirul Mukminin adalah sumber kefasihan (bal?ghah) dan mata air retorika. Melalui dia, kehalusan bal?ghah yang tersembunyi terungkap dan bersinar sehingga mudah dipelajari prinsip-prinsip dan aturan-aturannya. Setiap pembicara dan orator harus menyusuri jejak-jejaknya, dan setiap khatib yang fasih memanfaatkan ungkapan-ungkapannya.

Walaupun demikian, tiada yang dapat menyamainya; kredit sebagai yang pertama dan terutama tetap ada padanya. Ungkapan-ungkapannya membawa pencerminan pengetahuan Ilahi dan kelezatan ucapan-ucapan Nabi SAWW. Saya mengikuti permintaan mereka, karena saya tahu hal itu akan berarti pahala yang besar, reputasi yang lumayan dan suatu perbenda-haraan imbalan.

Tujuan penyusunan ini ialah mengajukan kebesaran dan keunggulan Amirul Mukminin dalam seni retorika, selain sifat-sifat dan keutamaan yang tak terhitung dan tak terbilang, dan untuk menunjukkan bahwa ia telah menanjak ke puncak tertinggi prestasinya; ia adalah khas di antara para pendahulunya yang ucapan-ucapan mereka dikutip dari sana-sini, sedang ucapan-ucapan Ali sendiri merupakan arus sumber yang terus memancar sedemikian rupa, sehingga tak terhadang dan merupakan khazanah kehalusan yang tak bertara. Karena saya bangga akan jalur ke-turunan saya dari dia, saya merasa gembira mengutip puisi Farazdaq:

"Inilah kakek datukku, wahai Jarir!

Dapatkah Anda mengklaim semisalnya, bila kita bertemu?[i]

Dalam pandangan saya, ungkapan-ungkapan Amirul Mukminin dapat dibagi dalam tiga kelompok; pertama, Khotbah-khotbah dan Perintah, yang kedua Surat-surat, dan yang ketiga Kata-kata Mutiara dan Nasihat. Atas izin Allah, saya telah memutuskan untuk mula-mula menyusun Khotbah-khotbah, kemudian Surat-surat, dan akhirnya Kata-kata Mutiara dan Nasihat, sambil menyediakan suatu bab tersendiri untuk setiap kelompok, dengan meninggalkan halaman-halaman kosong di antara setiap bagian, sehingga apabila ada sesuatu yang tertinggal, dan kemudian diperoleh, dapat disisipkan ke dalamnya, sementara setiap ucapan yang rutin atau sebagai jawaban atas suatu pertanyaan, atau mengandung tujuan yang tidak sesuai dengan setiap pembagiannya, harus dimasukkan dalam kelompok yang paling cocok baginya atau yang pokok persoalannya paling dekat. Dalam kompilasi ini, menyisip masuknya beberapa bagian dan kalimat telah menyebabkan susunannya terasa kacau dan tak tertib. Ini disebabkan karena saya hanya mengumpul ucapan-ucapan cemerlang yang paling representatif, tanpa mengharapkan akan menyusunnya secara teratur.

Keutamaan Amirul Mukminin[ii] yang tidak tertandingi dan tiada yang menyamainya ialah bahwa ucapan-ucapannya tentang ketakwaan, kesalehan, ingatan kepada Allah dan nasihat adalah sedemikian, sehingga bilamana orang mengkajinya tanpa mengingat bahwa ucapan-ucapan itu adalah kata-kata orang yang mempunyai kedudukan besar dan berkuasa serta yang mengendalikan nasib manusia, ia tidak mungkin akan ragu bahwa semua kata-kata itu adalah ucapan orang yang tidak menaruh perhatian kepada apa pun selain kepertapaan, dan tidak ada kegiatan lain kecuali beribadat, yang terlingkup dan terbatas di dalam suatu rumah atau gua di suatu pegunungan di mana ia tidak mendengar apa pun selain gumannya sendiri dan tidak melihat selain dirinya sendiri. la tak akan percaya bahwa kata-kata ini adalah ucapan seseorang yang terjun dalam pertempuran-peitempuran dengan pedang terhunus yang memancung kepala dan menaklukkan para pahlawan musuh, dan kembali dengan pedangnya yang berlumur darah dan cairan hati. Dan meskipun demikian, ia unggul di antara para pertapa dan kepala orang-orang suci. Keistimewaan ini adalah satu dari keutamaan Amirul Mukminin yang mencengangkan, dan dengan itu ia mengumpulkan dalam dirinya sendiri sifat-sifat yang berlawanan dan memadukan aneka ragam kebesaran. Saya sering menyebutkan ini kepada saudara-saudara seiman saya, dan menyebabkan mereka takjub. Sungguh topik ini memang wajar jadi bahan renungan dan pertimbangan.

Dalam kompilasi ini terdapat beberapa ulangan kata-kata atau subjek karena ucapan Amirul Mukminin dikenal sehubungan dengan berbagai bentuk. Kadang-kadang suatu ucapan tertentu terdapat dalam suatu bentuk tertentu dan disalin dalam bentuk itu juga. Sesudah itu, ucapan yang sama terdapat dalam riwayat lain, entah dengan tambahan yang sesuai atau dalam gaya yang lebih menarik. Dalam hal semacam itu, dengan maksud untuk melanjutkan tujuan kompilasi dan untuk memelihara ucapan indah agar tak hilang, diputuskan untuk mengulanginya di bagian lain. Juga terjadi bahwa suatu ucapan tertentu yang telah muncul sebelumnya, tetapi karena keterpencilannya, dimasukkan lagi. Ini karena ketinggalan, bukan disengaja.

Walaupun demikian, saya tidak mengklaim bahwa saya telah mengumpulkan ungkapan-ungkapan Amirul Mukminin dari semua sumber dan bahwa tak ada suatu kalimat atau konstruksi bagaimanapun yang telah tertinggal. Sesungguhnya saya tidak mengabaikan kemungkinan bahwa yang tertinggal mungkin lebih banyak dari yang telah saya kumpulkan, dan yang saya ketahui dan saya gunakan jauh kurang dari apa yang tertinggal di luar capaian saya. Tugas saya ialah menelusuri sekuat kuasa saya, dan pertolongan Allah jualah yang akan memudahkan jalan dan membimbing saya ke tujuan itu, insya Allah.

Setelah selesai pekerjaan saya dalam pengumpulan dan penyusunan naskah ini maka judul yang sesuai baginya adalah Nahjul Bal?ghah, Jalan Kefasihan, karena buku ini akan membukakan pintu kefasihan bagi pembaca dan menyingkatkan pendekatan kepadanya, sedang para sarjana dan siswa akan dapat memenuhi kebutuhannya, sementara ahli retorika maupun pertapa akan mendapatkan pula tujuan-tujuan mereka di dalamnya. Dalam buku ini terdapat wacana yang mengagumkan tentang Keesaan Allah, Keadilan-Nya dan Kesucian-Nya dari jasad dan bentuk, yang akan menghilangkan setiap dahaga (akan pengetahuan), memberikan obat bagi setiap penyakit (kekafiran) dan menyingkirkan setiap keraguan. Saya memohon kepada Allah taufik, perlindungan, dan pertolongannya. Saya memohon perlindungan-Nya terhadap kesalahan hati sebelum kesalahan lidah, dan terhadap kekeliruan bicara sebelum kekeliruan berbuat. Dialah tempat pergantungan saya dan Dialah sandaran saya yang terbaik.


--------------------------------------------------------------------------------

[i] Farazdaq, yang nama aslinya Hamm?n bin Gh?lib, termasuk suku Bani D?rim, adalah seorang penyair terkenal. la biasa bertentangan dengan seorang penyair Arab lainnya yang bernama Jarir bin 'Athiyyah, dan mereka hanya menunjukkan keutamaan masing-masing dalam hal saling mencerca dan menyombong. Syair yang dikutip dari Farazdaq itu adalah satu mata rantai dari rangkaian di mana ia menyampaikan kepada Jarir dengan mengatakan, "Kakek moyangku adalah seperti yang baru Anda dengar itu; sekarang majukanlah kakek moyang Anda, dan apabila ada di antaranya seperti moyang saya, sebutkanlah nama mereka di hadapan kami semua." Dengan mengutipkan kuplet tentang kakek moyangnya sendiri ini, Sayid Radh? menantang setiap orang untuk mengajukan yang serupa dengan mereka, bila ada. Al-Farazdaq hanya mengalamatkannya kepada Jarir, tetapi kutipan itu, di sini, telah menjadi umum dan universal, di mana alamatnya bukan lagi seorang individu, tetapi setiap orang dapat menganggap dirinya sebagai yang ditantang. Walaupun bersifat umum dan universal, tantangan "untuk menyebutkan yang serupa itu" tetap tak bersambut, sebagaimana tantangan Al Quran untuk "mengajukan yang seperti itu."

Sayid Radhi menuding hubungan dan keutamaan ini pada saat yang amat tepat; tak ada kesempatan yang lebih baik dari itu, karena kebesaran pribadi Amirul Mukminin yang dibanggakan telah disebutkan dan mata telah terpukau dan silau pada kecerlangan statusnya, sementara pikiran telah mengakui kemuliaan posisinya. Sekarang hati dengan mudahnya dapat disuruh tunduk di hadapan ketinggian dan kebesaran individu yang bertalian dengannya. Dengan demikian, ketika hati dan pikiran telah cenderung, mata Sayid Radhi yang sadar sastra memalingkan pemandangan kepada dirinya sendiri, karena ia adalah percikan sinar matahari yang limpahan cahayanya menyilaukan mata, dan puncak dari pohon keturunan langsung yang akarnya di bumi dan cabangnya menjulang ke langit. Nah, siapa yang tidak akan terpengaruh oleh hubungan dan keutamaan ini, dan tak mau mengakui kebesaran dan kemuliaannya?

[ii] Di Dunia, jarang didapat orang yang memiliki selain satu atau dua sifat bajik, sifat-sifat lain juga menonjol; jauh lebih langka lagi orang yang merupakan pusat pertemuan semua sifat-sifat yang saling berlawanan, karena setiap temperamen tidak sesuai dengan perkembangan setiap sifat, masing-masing sifat mempunyai tempo tertentu, dan masing-masing kebajikan membutuhkan iklim tertentu, dan hanya sesuai untuk sifat-sifat atau kebajikan yang sesuai dengannya, tetapi di mana ada kontradiksi ketimbang harmoni, kecenderungan alaminya menjadi penghalang dan tidak memperkenankan setiap sifat lainnya untuk tumbuh. Misalnya, kemurahan hati dan kedermawanan menuntut agar seseorang menaruh rasa kasihan dan takwa sehingga bila melihat orang dalam kemiskinan atau kekurangan, hatinya terasa pedih, perasaannya terganggu atas kesengsaraan orang lain. Padahal ketimbang belas kasihan, keberanian dan peperangan menuntut adanya nafsu untuk menumpahkan darah dan membunuh, yang mendorong orang itu masuk ke dalam pertempuran, siap membunuh atau dibunuh. Kedua sifat ini berbeda demikian jauhnya sehingga tidak mungkin memadukan kehalusan dari kemurahan hati ke dalam manifestasi kaku keberanian, sebagaimana keberanian tak dapat diharapkan dari Hatim dan kemurahan hati dari Rustam.

Tetapi, kepribadian Ali bin Abi Thalib a.s. menunjukkan kesesuaian penuh dengan setiap kebesaran, dan selaras sempurna dengan setiap prestasi; tidak ada atribut atau prestasi baik yang tidak ada padanya, tiada jubah kebesaran atau keindahan yang tidak sesuai pada dirinya. Sifat-sifat kemurahan hati dan keberani­an yang saling bertentangan terdapat pada dirinya berdamping-dampingan. la menghujan seperti awan dalam kemurahan, ia juga berjuang dengan gagah berani, berdiri dengan kukuhnya bagaikan gunung. Kemurahan hati dan kedermawanan wataknya adalah demikian tingginya sehingga bahkan dalam hari-hari kesusahan dan kelaparan, sebagian besar dari apa saja yang diterimanya sebagai upah kerja kerasnya sehari-hari, dibagi-bagikan di kalangan fakir miskin dan orang yang lapar, dan tak pernah ia membiarkan seorang pengemis meninggalkan pintu rumahnya dengan kecewa.

Demikian berani dan perkasanya sehingga serangan tentara tak dapat menggoyahkan keteguhan kakinya. Ia menang dalam setiap pertempuran; bahkan pejuang yang paling berani tak dapat menyelamatkan nyawanya dalam pertarungan dengan dia. Maka Ibnu Qutaibah menulis dalam Al-Ma'?rif, "Siapa saja yang dihadapinya, tidak berdaya." Orang-orang yang memiliki watak ganas karena keberanian tidak biasa berpikir atau merenung, tidak pula ada kaitannya dengan pandangan dan penilaian jauh, tetapi Ali a.s. mempunyai sifat pemikiran yang derajatnya paling tinggi. Itulah sebabnya maka Asy-Syafi'i mengatakan:

"Apakah yang dapat kukatakan tentang orang yang dalam dirinya terdapat tiga sifat dengan tiga sifat lainnya, yang tak pernah terdapat bersama-sama dalam diri siapa pun lainnya: kemurahan hati dengan kesusahan, keberanian dengan kebijaksanaan, dan ilmu pengetahuan dengan prestasi amaliah."

Karena hasil pemikirannya yang tepat dan penilaian yang benar maka setelah wafatnya Nabi, ketika orang menasihatinya untuk berperang sambil menjanjikan akan memberikan tentara untuknya, ia menolak nasihat itu. Padahal dalam kesempatan semacam itu dukungan kecil saja pun cukup untuk mendorong orang pemberani tanpa hati; namun pikiran Ali a.s. yang menjangkau jauh segera melihat bahwa apabila pertempuran dilakukan pada saat itu, maka suara Islam akan tenggelam di dalam gemerincing pedang, dan sekalipun kemenangan tercapai, akan dikatakan bahwa kedudukan itu tercapai hanya dengan pedang dan tidak ada hak di dalamnya. Jadi, dengan menahan pedangnya, di satu sisi ia menyediakan perlindungan bagi Islam dan di sisi lainnya ia memnyelamatkan haknya sendiri agar tidak pupus oleh pertumpahan darah.

Bilamana nadi penuh dengan darah berani dan hati penuh dengan api kemarahan dan keberangan, luar biasa sulitnya mengendalikan hawa nafsu balas dendam dengan mengambil jalan memaafkan. Dengan adanya wewenang dan kekuatan, betapa sulitnya memaafkan. Tetapi watak Ali a.s. biasa bersinar pada saat-saat seperti itu; watak pemaafnya bahkan meliputi musuh-musuhnya yang haus darah. Maka, pada akhir Pertempuran Jamal ia membuat maklumat umum bahwa siapa pun yang meninggalkan medan atau mencari perlindungan padanya tidak akan dianiaya; ia membebaskan musuh-musuhnya seperti Marwan bin Hakam dan Abdullah bin Zubair. Dan perlakuannya terhadap ‘Aisyah merupakan manifestasi tanpa tandingan dari kemuliaan dan ketinggian pribadinya --walaupun permusuhan dan pemberontakan ‘Aisyah terang-terangan ditujukan kepadanya--, ia mengirim wanita-wanita berpakaian pria untuk mengawalnya ke Madinah.

Dengan membusanai kedengkian pribadinya sendiri dengan jubah perbedaan mendasar, seseorang bukan saja menipu orang lain tetapi juga membiarkan dirinya sendiri tertipu. Dalam kondisi-kondisi ini situasi yang peka akan timbul sehingga ia tak dapat membedakan dan memisahkan kedengkian pribadinya dengan jubah beda pendapat yang mendasar dan dengan mudahnya mencampuradukkannya, menganggap bahwa ia telah mengikuti perintah Allah, dan dengan jalan ini ia memuaskan dirinya untuk membalas dendam pula. Tetapi, mata Amirul Mukminin yang tajam tak pernah tertipu, tak pernah pula menipu dirinya sendiri. Pada suatu kesempatan, setelah melumpuhkan lawan dalam perang landing, ketika ia menindih dada orang yang telah ditaklukkannya, musuh itu meludahi wajahnya. Sebagai manusia, kemarahannya tentulah bangkit dan tangannya akan bergerak lebih cepat; tetapi, ketimbang mengumbar keberangannya, ia melepaskan lelaki itu agar tindakannya jangan dinodai sentimen pribadi, dan baru membunuhnya setelah kemarahannya mereda.

Tidak ada persamaan dalam pertempuran dan pertarungan dengan kezuhudan dan ketakwaan, karena yang satu menunjukkan keberanian dan keperkasaan, sementara yang lainnya permohonan doa dan penyerahan. Tetapi, Amirul Mukminin merupakan kombinasi unik dari kedua sifat ini. Tangannya yang terikat pada peribadatan sangat aktif di medan tempur, zahid dalam ibadah, mujahid yang giat di medan juang. Pemandangan pada Malam Harir (di Shiffin) membuat akal manusia tercengang dan kagum. Sambil menutup matanya terhadap keganasan di sekitar, ia membeberkan sajadahnya dan menekunkan diri dalam salat dengan penuh kedamaian pikiran dan hati; sementara anak panah sering melayang di atas kepala dan kiri kanannya, ia tetap dalam zikir kepada Allah tanpa takut atau cemas. Setelah menyelesaikan salatnya, ia mengulurkan tangan ke gagang pedang dan terjun ke kancah pertempuran sengit yang tiada taranya dalam sejarah. Keadaan di sekitarnya demikian seru dengan tempik sorak dan jerit serta kegiatan orang yang melarikan diri sehingga bahkan suara-suara yang sampai ke telinga tak dapat dibedakan. Selang sesaat, seruan Allahu Akbar-nya. sendiri mengumandang ke angkasa dan bergema di telinga, dan setiap seruan itu berarti tewasnya seorang musuh. Orang-orang yang menghitung seruan-seruan takbir itu mencatat jumlah sebanyak 523 seruan.

Selera untuk belajar dan mengenal Allah tidak terpadu dengan kegiatan material, tetapi Amirul Mukminin menghiasi majelis-majelis ilmu pengetahuan bersama dengan pertempuran di medan juang; ia mengairi lahan Islam dengan sumber pengetahuan dan kebenaran bersama darah dalam pertempuran.

Di mana terdapat kesempurnaan pengetahuan, pastilah terdapat kekurangan tindakan. Tetapi Amirul Mukminin sama melangkah dalam lapangan pengetahuan dan tindakan amaliah, sebagaimana telah disebutkan dalam syair Asy-Syafi'i di atas.

Misal keselarasan ucapan dan tindakan sangatlah langka, tetapi tindakan Amirul Mukminin mendahului ucapannya, seperti dikatakannya sendiri:

"Wahai, manusia, saya tidak menyuruh Anda melakukan suatu tindakan, melainkan mula-mula saya sendiri melakukannya mendahului Anda; saya tidak akan mencegah Anda dari sesuatu melainkan saya mencegahnya dahulu dari diri saya."

Begitu kita berpikir tentang seorang zahid dan saleh maka kita membayangkan wajah berkerut, karena bagi kesalehan, kekakuan dan kekerasan wajah tak terpisahkan, sehingga membayangkan senyuman di bibir seorang saleh dipandang sebagai dosa. Tetapi, walaupun amat saleh dan zahid, wajah Amirul Mukminin selalu cerah. Kecerahan dan keceriaan wajah selalu nampak pada pandangannya, bibirnya selalu tersenyum. la tak pernah memperlihatkan kerutan di dahinya sebagaimana pertapa yang kering, sehingga bila ada orang tak dapat menemukan suatu cacat padanya maka kecerahan wajah ini justru dipandang sebagai kc-salahannya.

Apabila seseorang berhati ceria dan berwajah gembira, ia tak dapat berkuasa atas orang lain; tetapi, wajah gembira Amirul Mukminin demikian penuh pesona dan keanggunan sehingga tiada mata yang dapat menantangnya. Sekali Mu'awiah secara menggoda mengatakan, "Allah memberkati Ali. la lelaki yang berselara ceria." Lalu Qais bin Sa'd menjawab, "Demi Allah, walaupun bersikap ceria dan berwajah menghibur, ia lebih mempesona dari singa lapar, dan pesona ini di-sebabkan oleh kesalehannya, bukan seperti ketakutan rakyat jelata Suriah kepada Anda."

Di mana ada pemerintahan dan wewenang, di situ ada kelimpahan pelayan dan peralatan mewah, pertanda kebesaran dan kemenonjolan, tetapi masa pemerintahan Amirul Mukminin adalah contoh puncak kesederhanaan. Padanya hanya ada serban yang lusuh sebagai ganti mahkota raja, pakaian bertambalan sebagai ganti jubah kerajaan, dan lantai tanah sebagai ganti mahligai. la tak pernah menyukai kemewahan dan pertunjukan kebesaran lahiriah. Sekali ia sedang lewat berkuda ketika Harb bin Syurahbil ikut berjalan kaki di sampingnya. Amirul Mukminin berkata kepadanya, "Kembalilah, karena berjalan kaki dengan saya (yang berkuda), bagi orang seperti Anda, adalah jelek bagai seorang pemerintah (seperti saya) dan hinaan kepada seorang mukmin (seperti Anda).

Singkatnya, ia pribadi yang demikian cakap dalam berbagai bidang di mana banyak sifat-sifat saling berlawanan tergabung, dan semua atribut yang baik terpusat dalam kecerlangan penuhnya, seakan-akan diri tunggalnya merupakan koleksi beberapa diri, setiap diri adalah potret prestasi yang sangat mengherankan, yang selanjutnya menunjukkan gambaran keutamaan dalam bentuknya yang tak bertara, dan terhadap prestasinya orang kagum dan tercengang.

Seorang penyair Persia mengatakan:

"Wajah kekasihku demikian cantik,

Ketika kupandang dari kepala ke kaki,

Setiap bagian mengundang perhatian,

Mengaku yang paling memikat."


KHOTBAH 1


Dalam khotbah ini ia menggambarkan penciptaan bumi dan langit serta kelahiran Adam

Segala puji bagi Allah yang nilai-Nya tak dapat diuraikan oleh para pembicara, yang nikmat-nikmat-Nya tak terhitung oleh para penghitung, yang hak-hak-Nya (atas ketaatan) tak dapat dipenuhi oleh orang-orang yang berusaha menaati-Nya; orang yang tinggi kemampuan akalnya tak dapat menilai, dan penyelam pengertian tak dapat mencapai-Nya; la yang untuk menggambarkan-Nya tak ada batas telah diletakkan, tak ada pujian yang maujud, tak ada waktu ditetapkan, dan tak ada jangka waktu ditentukan. la mengadakan ciptaan dengan kodrat-Nya, menebarkan angin dengan rahmat-Nya, dan mengukuhkan bumi yang goyah dengan batu.

Pangkal agama ialah makrifat tentang Dia, kesempurnaan makrifat (pengetahuan) tentang Dia ialah membenarkan-Nya, kesempurnaan pembenaran-Nya ialah mempercayai Keesaan-Nya, kesempurnaan iman akan Keesaan-Nya ialah memandang Dia Suci, dan kesempurnaan Kesucian-Nya ialah menolak sifat-sifat-Nya, karena setiap sifat merupakan bukti bahwa (sifat) itu berbeda dengan apa yang kepadanya hal itu disifatkan, dan setiap sesuatu yang kepadanya sesuatu disifatkan berbeda dengan sifat itu. Maka barangsiapa melekatkan suatu sifat kepada Allah (berarti) ia mengakui keserupaan-Nya, dan barangsiapa mengakui keserupaan-Nya maka ia memandang-Nya dua, dan barangsiapa memandang-Nya dua, mengakui bagian-bagian bagi-Nya, dan barangsiapa mengakui bagian-bagian bagi-Nya (berarti) tidak mengenal-Nya, dan barangsiapa tidak mengenal-Nya maka ia menunjuk-Nya, dan barangsiapa menunjuk-Nya (berarti) ia mengakui batas-batas bagi-Nya, dan barangsiapa mengakui batas-batas bagi-Nya (berarti) ia mengatakan jumlah-Nya.

Barangsiapa mengatakan "dalam apa la berada", (berarti) ia berpendapat bahwa la bertempat, dan barangsiapa mengatakan "di atas apa la berada" maka ia beranggapan bahwa la tidak berada di atas sesuatu lainnya.

la Maujud tetapi tidak melalui fenomena muncul menjadi ada. la ada tetapi bukan dari sesuatu yang tak ada. la bersama segala sesuatu tetapi tidak dalam kedekatan fisik. la berbeda dari segala sesuatu tetapi bukan dalam keterpisahan fisik. la berbuat tetapi tanpa konotasi gerakan dan alat. la melihat sekalipun tak ada dari ciptaan-Nya yang dilihat. la hanya Satu, sedemikian rupa sehingga tak ada sesuatu yang dengannya la mungkin bersekutu atau yang mungkin la akan kehilangan karena ketiadaannya.


Tentang Penciptaan Alam

la memulai penciptaan dan memulainya secara paling awal, tanpa mengalami pemikiran, tanpa menggunakan suatu eksperimen, tanpa melakukan suatu gerakan, dan tanpa mengalami kerisauan. la memberikan waktunya pada segala sesuatu, mengumpulkan variasi-variasinya, mem­berikan kepadanya sifat-sifatnya, dan menetapkan corak wajahnya dengan mengetahuinya sebelum menciptakannya, menyadari sepenuhnya batas-batasnya dan kesudahannya, dan menilai kecenderungan dan kerumitannya.

Ketika Yang Mahakuasa menciptakan lowongan-lowongan atmosfer, mengembangkan ruang angkasa dan lapisan-lapisan angin, la mengalirkan ke dalamnya air yang ombak-ombaknya membadai dan yang gelombang-gelombangnya saling melompati. la memuatnya pada angin yang kencang dan badai yang mematahkan, memerintahkannya untuk mencurahkannya kembali (sebagai hujan), memberikan kepada angin kendali atas kekuatan hujan, dan memperkenalkannya dengan batasan-batasannya. Angin meniup di bawahnya sementara air mengalir dengan garang atasnya.

Kemudian Yang Mahakuasa menciptakan angin dan membuat gerakannya mandul, mengekalkan posisinya, mengintensifkan gerakannya dan menyebarkannya menjauh dan meluas. Kemudian la memerintahkan angin itu membangkitkan air yang dalam dan mengintensifkan gelombang laut. Maka angin mengocoknya sebagaimana mengocok dadih dan mendorongnya dengan sengit ke angkasa dengan melemparkan posisi depannya di belakang, dan yang berdiam pada yang terus mengalir, sampai permukaannya terangkat dan permukaannya penuh dengan buih. Kemudian Yang Mahakuasa mengangkat buih ke angin yang terbuka dan cakrawala yang luas dan membuat darinya ketujuh langit dan menjadikan yang lebih rendah sebagai gelombang yang berdiam dan yang di atas sebagai atap yang melindungi dan suatu bangunan tinggi tanpa tiang untuk menopang atau paku untuk menyatukannya. Kemudian la menghiasinya dengan bintang-bintang dan cahaya meteor dan menggantungkan padanya matahari dan bulan yang bercahaya di bawah langit yang beredar, langit yang bergerak dan cakrawala yang berputar.


Tentang Penciptaan Malaikat

Kemudian la menciptakan rongga-rongga di antara langit-langit yang tinggi dan mengisinya dengan segala golongan malaikat-Nya. Sebagian dari mereka dalam bersujud dan tidak bangkit berlutut. Yang lain-lainnya dalam posisi berlutut dan tidak berdiri. Sebagian dari mereka dalam keadaan berbaris dan tidak meninggalkan posisinya. Yang lain-lainnya sedang memuji Allah tanpa menjadi lelah. Tidurnya mata atau tergelincirnya akal, atau kelelahan tubuh atau kelupaan tidak menimpa mereka.

Di antara mereka ada yang bekerja sebagai pembawa risalah-Nya yang terpercaya, yang merupakan lidah-lidah berbicara untuk para nabi-Nya, dan mereka ini yang membawa kesana kemari perintah-perintah dan suruhan-Nya. Di antara mereka ada para pelindung makhluk-makhluk-Nya dan pengawal pintu surga. Di antara mereka ada yang langkah-langkahnya tetap di bumi tetapi lehernya menjulang ke langit, anggota badan mereka keluar dari segala sisi, bahu mereka sesuai dengan tiang-tiang 'Arsy Ilahi, mata mereka tertunduk di hadapannya, mereka membentangkan sayap-sayapnya dan mereka membuat di antara sesama mereka dan semua yang selainnya tirai kehormatan dan layar kekuasaan. Mereka tidak memikirkan Pencipta mereka melalui khayal, tidak memberikan kepada-Nya sifat-sifat makhluk, tidak membataskan-Nya dalam suatu tempat kediaman dan tidak menunjuk kepada-Nya melalui gambaran.


Gambaran tentang Penciptaan Adam

Allah mengumpulkan lempung tanah yang keras, lembut, manis dan asam, yang dicelupkan-Nya ke dalam air dan mengadoninya dengan uap lembab sampai itu menjadi rekat. Darinya ia membuat patung dengan lekukan-lekukan, persendian, anggota dan bagian-bagian. la memadukannya sampai ia mengering untuk waktu tertentu dan jangka waktu yang diketahui. Kemudian la meniupkan ke dalamnya Ruh-Nya sehingga ia mengambilpola manusia dengan pikiran yang mengaturnya, kecerdasan yang digunakannya, anggota badan yang melayaninya, organ-organ yang merigubah posisinya, kebijaksanaan yang membedakan antara yang benar dan salah, rasa dan bau, warna dan jenis. la adalah suatu campuran antara lempung berbagai warna, bahan-bahan rekat, yang berlawanan, yang aneka ragam dan sifat-sifat yang berbeda seperti panas, dingin, lembut dan keras.

Kemudian Allah menyuruh kepada malaikat untuk memenuhi janji-Nya dengan mereka dan memenuhi janji menaati perintah-Nya kepada mereka dengan pengakuan kepada-Nya melalui sujud kepada-Nya dan tunduk kepada kedudukannya yang mulia. Maka Allah berfirman, "Tunduklah kamu kepada Adam!" Maka mereka pun tunduk kecuali iblis." (QS. 2:34; 7:11; 17:61; 18:50; 20:116). Kesombongan mencegah dia dan keburukan mengalahkannya. Maka ia membangga-banggakan penciptaannya sendiri (yang) dari api dan bersikap menghina ciptaan dari lempung. Maka Allah memberikan waktu kepadanya agar ia sepenuhnya patut menerima kemurkaan-Nya, dan melengkapi ujian (pada manusia) dan untuk me­menuhi janji (yang telah diberikan-Nya kepada iblis). Maka la berkata, "Sesungguhnya engkau telah diberi waktu sampai pada hari yang diketahui." (QS. 15:37-38; 38:81) Setelah itu Allah menempatkan Adam di suatu rumah di mana la membuat kehidupannya senang dan kediamannya aman, dan la memperingatkannya supaya berhati-hati terhadap iblis dan musuhnya. Lalu musuhnya (iblis) merasa iri atas tinggalnya di surga dan hubungan-hubungannya dengan yang bajik. Maka ia pun mengubah keyakinannya menjadi goyah, dan tekadnya menjadi lemah. Dengan demikian ia mengubah kebahagiaan Adam menjadi ketakutan, dan martabatnya men­jadi sesal dan malu. Kemudian Allah memberikan kepada Adam kesempatan untuk bertaubat, mengajarkan kepadanya kata-kata dari Rahmat-Nya, menjanjikan kepadanya untuk kembali ke surga-Nya dan mengirimkannya ke tempat percobaan dan perkembangbiakan keturunan.


Allah Memilih Para Nabi-Nya

Dari antara keturunannya, Allah Yang Mahasuci memilih nabi-nabi dan mengambil janjinya untuk wahyu-Nya dan untuk menyampaikan risalah-Nya sebagai amanat mereka. Dalam perjalanan waktu, banyak orang menyelewengkan amanat Allah dan mengabaikan kedudukan-Nya, dan meng­ambil serikat bersama-Nya. Iblis memalingkan mereka dari mengenal-Nya dan menjauhkan mereka dari menyembah kepada-Nya. Kemudian Allah mengutus rasul-rasul-Nya dan serangkaian nabi-Nya kepada mereka agar mereka memenuhi janji-janji penciptaan-Nya, untuk mengingatkan kepada mereka nikmat-nikmat-Nya, untuk berhujah kepada mereka dengan tablig, untuk membukakan di hadapan mereka kebajikan-kebajikan dan kebijaksa-naan yang tersembunyi, dan menunjukkan kepada mereka tanda-tanda Kemahakuasaan-Nya, yakni langit yang ditinggikan di atas mereka, bumi yang ditempatkan di bawah mereka, rezeki yang memelihara mereka, ajal yang mematikan mereka, sakit yang menuakan mereka, dan kejadian susul-menyusul yang menimpa mereka.

Allah Yang Mahasuci tak pernah membiarkan hamba-Nya tanpa nabi diutuskan kepada mereka, atau tanpa kitab yang diturunkan kepada mereka atau argumen yang mengikat atau dalil yang kuat. Para rasul itu tidak merasa kecil karena kecilnya jumlah mereka dan besarnya jumlah yang mendustainya. Di antara mereka ada pendahulu yang akan menyebutkan nama yang akan menyusul atau pengikut yang telah dikenalkan oleh pendahulunya.


Pengutusan Muhammad SAWW

Secara demikian zaman-zaman berlalu dan waktu terus bergulir, ayah pergi sementara putra-putra mereka menggantikannya, sampai Allah mengutus Muhammad SAWW sebagai rasul-Nya, dalam memenuhi janji-Nya dan untuk melengkapi Kenabian-Nya. Janji-Nya telah diambil dari para nabi, tabiat karaktemya termasyhur dan kelahirannya mulia. Manusia bumi pada saat itu terbagi dalam berbagai kelompok, tujuan mereka terpisah dan jalan-jalan mereka beraneka. Mereka menyerupakan Allah dengan ciptaan-Nya atau menggeser nama-nama-Nya atau berpaling kepada yang selain Dia.

Melalui Muhammad SAWW, Allah memandu mereka keluar dari kesalahan, dan dengan usahanya la membawa mereka keluar dari kejahilan. Kemudian Allah memilih Muhammad SAWW dan keturunannya, untuk menemui-Nya, memilihnya untuk kedekatan kepada-Nya sendiri, memandangnya terlalu mulia untuk tinggal di dunia ini, dan memutuskan untuk mengeluarkannya dari tempat percobaan ini. la menariknya kepada Diri-Nya sendiri dengan kemuliaan. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada beliau dan keluarganya.


Al Quran dan Sunah

Tetapi Nabi meninggalkan di antara Anda sesuatu yang sama sebagaimana yang ditinggalkan nabi-nabi lain di antara umat mereka, karena nabi-nabi tidak meninggalkan mereka dalam kegelapan tanpa jalan yang terang dan panji yang tegak, yakni Kitab dari Pencipta Anda yang menjelaskan yang halal dan haram, perintah-perintah dan keutamaan-keutamaannya, yang menasakh dan yang dinasakh, hal-halnya yang halal dan yang wajib, hal-halnya yang khusus dan umum, pelajaran dan amsalnya, yang panjang dan singkatnya, yang jelas dan samamya, mendetailkan singkatan-singkatannya dan menjelaskan yang samamya.

Di dalamnya ada beberapa ayat yang pengetahuan tentangnya diwajibkan,[i] dan yang lain-lainnya yang ketidaktahuan manusia tentangnya dibolehkan. la juga mengandung apa yang nampak sebagai wajib menurut Kitab[ii](2) tetapi nasakhnya disuguhkan oleh sunah Nabi atau apa yang nampak sebagai wajib menurut sunah Nabi tetapi Kitab membolehkan orang tidak mengikutinya. Atau ada yang wajib pada suatu waktu tertentu tetapi tidak sesudahnya. Larangan-larangannya juga berbeda. Ada yang berat, yang mengenainya ada ancaman api (neraka), dan yang lainnya ringan, yang untuk itu terdapat harapan keampunan. Ada pula yang dalam ukuran kecil dapat diterima (bagi Allah) tetapi dapat membesar (bila diteruskan).


Dalam Khotbah yang Sama, tentang Haji

Allah telah mewajibkan Anda berhaji ke Rumah Suci-Nya yang merupakan kiblat bagi manusia yang pergi kepadanya sebagaimana hewan liar atau merpati pergi ke sumber air. Allah Yang Mahasuci menjadikannya pertanda atas ketundukan mereka di hadapan Keagungan-Nya dan pengakuan mereka akan Kemuliaan-Nya. la memilih dari antara ciptaan-Nya orang-orang yang ketika mendengar seruan-Nya menyambutnya dan mem-benarkan sabda-Nya. Mereka berdiri pada posisi para nabi-Nya dan menyerupai para malaikat-Nya yang mengelilingi Mahligai-Nya untuk mendapatkan segala manfaat dari melaksanakan pengabdian kepada-Nya dan bergegas untuk (mendapatkan) keampunan yang telah dijanjikan-Nya. Allah Yang Mahasuci menjadikannya sebagai syiar bagi Islam dan objek penghormatan bagi orang-orang yang berpaling ke situ. la mewajibkan hajinya dan meletakkan klaimnya yang untuk itu la menuntut tanggung jawab Anda untuk melaksanakannya. Dan Allah Yang Mahasuci berfirman, "Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk manusia, ialah Baitulldh yang di Bakkah (Makkah) yang diberkati dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. " (QS. 3:96) •


--------------------------------------------------------------------------------

[i] "Pangkal agama (din) adalah makrifat tentang Dia." Makna din ialah ketaatan, dan makna populeraya tatanan. Baik dalam makna harfiah, ataupun populer, apabila pikiran kosong dari konsepsi Ketuhanan, tak akan ada masalah ketaatan, tidak ada pula urusan dengan mengikuti suatu aturan. Karena, bila tidak ada tujuan maka tidak ada alasan untuk menuju ke sana; bila tidak ada tujuan yang diharap, tidak akan ada usaha untuk mencapainya. Bagaimanapun, ketika fitrah dan naluri manusia mendekatkannya kepada Yang Mahatinggi, dan rasa taat serta penyerahan merendahkannya di hadapan Tuhan, ia merasa terikat dengan batasan-batasan tertentu, berlawanan dengan kebebasan semena-mena. Batasan-batasan inilah din, yang titik mulanya ialah pengetahuan tentang Allah serta pengakuan atas Wujud-Nya.

Setelah menunjukkan hakikat makrifat atau pengetahuan tentang Allah, Amirul Mukminin menggambarkan pokok-pokok dan syarat-syaratnya. la menganggap bahwa tahap-tahap pengetahuan yang umumnya dianggap sebagai titik pendekatan tertinggi tidaklah mencukupi. la mengatakan bahwa tahap pertamanya ialah dengan fitrah kerinduan kepada yang gaib dan bimbingan hati nurani, atau dengan mendengar dari para penganut agama, terbentuklah dalam pikiran suatu citra tentang Wujud Gaib yang dikenal sebagai Allah. Gambaran ini sesungguhnya adalah pendahulu dari kewajiban berpikir dan merenung serta mencari pengetahu­an tentang Dia. Tetapi, orang yang senang bermalas-malas, atau dalam tekanan lingkungannya, tidak melakukan pencarian ini, sehingga walaupun ada tercipta citra semacam itu, citra itu tidak sampai beroleh kesaksian. Dalam hal ini mereka tidak mendapatkan pengetahuan, dan karena mereka tidak sampai pada tahap panyaksian dan pembuktian atas pembentukan citra itu maka pelanggaran mereka itu patut dimintai pertanggungan jawab. Tetapi, orang yang digerakkan oleh kekuatan citra ini maju lebih jauh dan memandang perlu berpikir dan merenungkannya.

Dengan jalan ini ia sampai ke tahap berikut dalam mencapai pengetahuan Ilahi, yakni mencari Yang Maha Pencipta melalui aneka ragam penciptaan dan makhluk, karena setiap gambar merupakan pandu yang kuat menuju kepada penggambarnya, dan setiap akibat merupakan hasil tindakan dari penyebabnya. Apabila ia melemparkan pandangan ke sekitarnya, ia tidak mendapatkan suatu apa pun yang menjadi ada tanpa tindakan si pembuat; ia tak dapat memperoleh suatu jejak langkah tanpa pejalan yang meninggalkan jejak, tiada pula bangunan tanpa pem-bangun. Bagaimana ia dapat memahami bahwa langit biru ini, dengan matahari dan bulan di cakrawala, bumi dengan kelimpahan rumputan dan bunga-bungaan dapat menjadi ada tanpa perbuatan Pencipta. Oleh karena itu, setelah mengamati segala yang ada di dunia dan sistem teratur dari seluruh penciptaan, orang tak dapat menyimpulkan lain kecuali bahwa ada Pencipta atas keanekaragaman dan keberadaan dunia; ini tak mungkin terjadi dari tak ada, tak ada keberadaan muncul dari ketiadaan. Al Quranul Karim menunjukkan penalaran ini,

"Apakah ada keragu-raguan terhadap Allah, Pencipta langit dan bumi?" (QS. 14:10)

Tetapi, tahap ini pun tak akan cukup, apabila bukti-bukti adanya Allah ini dicemari oleh kepercayaan akan ketuhanan sesuatu yang lain.

Tahap ketiga, keberadaan-Nya diakui bersama kepercayaan akan Keesaan-Nya, Tauhid. Tanpa ini maka kesaksian akan adanya Allah tak mungkin sempuma; karena, apabila ada kepercayaan akan adanya banyak tuhan, maka la tidak akan Esa, padahal la Esa. Nalarnya, bila ada lebih dari satu tuhan maka akan timbul pertanyaan apakah salah satu darinya, atau mereka semua bersama-sama menciptakan semua ciptaan ini. Apabila salah satu darinya yang menciptakannya maka harus ada sebab yang membedakannya dari yang lain; kalau tidak, ia akan mendapatkan kedudukan istimewa tanpa alasan, yang tak dapat diterima akal. Apabila semua telah menciptakannya secara bersama-sama maka posisinya hanya mempunyai dua bentuk: ia tak dapat melakukan tugasnya tanpa pertolongan dari yang lain, atau ia tidak memerlukan bantuan mereka.

Kasus pertama berarti ia tidak mampu dan memerlukan bantuan pihak lain, sedang kemungkinan kedua berarti bahwa ada beberapa pelaku bersama dari suatu tindakan tunggal, dan kepalsuan tentang keduanya telah ditunjukkan. Apabila kita anggap semua tuhan itu melaksanakan penciptaan dengan saling membagi di antara sesamanya maka dalam hal ini tidak semua ciptaan akan mempunyai hubungan dengan pencipta itu, karena setiap makhluk hanya mempunyai hubungan dengan penciptanya sendiri, padahal setiap makhluk harus mempunyai hubungan yang satu dan sama kepada semua pencipta itu. Sebab, semua ciptaan harus mem­punyai hubungan yang satu dan sama kepada semua pencipta itu, karena semua ciptaan, dalam kemampuannya untuk menerima pengaruh, dan semua pencipta, dalam kemampuannya untuk menghasilkan pengaruh, harus sama. Singkatnya, tidak ada jalan kecuali mengakui-Nya sebagai Esa; karena, bila ada banyak pen­cipta maka tidak akan ada apa pun lainnya, kehancuran pasti menimpa bumi, langit dan segala sesuatu dalam penciptaan. Allah SWT telah mengungkapkan argumen ini dalam kata-kata berikut:

Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah ke­duanya itu telah rusak-binasa .... (QS. 21:22)

Tahap keempat ialah bahwa Allah harus bebas dari segala cacat dan kekurangan, dan kosong dari jasad, bentuk, gambaran, kesamaan, kedudukan tempat dan waktu, gerak, diam, ketidakmampuan dan ketidaktahuan. Tak mungkin ada kekurangan atau cacat pada Wujud yang sempurna itu, tiada pula yang dapat disamakan dengan Dia, karena sifat cacat itu menurunkan Wujud dari posisi tinggi Pencipta ke posisi rendah ciptaan. Itulah sebabnya maka Keesaan dan Kesucian Allah dari segala kekurangan adalah sama pentingnya.

"Katakanlah: 'Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan. dan tidak ada seorang pun yang setara dangan Dia.'" (QS. 112:1-4)

"Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan, dan Dialah Mahahalus lagi Mahatahu." (QS. 6:103)

"Makajanganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah. Sesungguhnya Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. 16:74)

"Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (QS. 42:11) .

Tahap kelima penyempurnaan pengetahuan tentang Dia ialah sifat-sifat itu harus tidak dilekatkan kepada-Nya dari luar, supaya tidak ada kegandaan dalam Keesaan-Nya, dan bila kita menyimpang dari konotasinya yang semestinya tentang Keesaan, kita mungkin jatuh ke dalam jebakan satu dalam tiga dan tiga dalam satu; karena Wujud-Nya bukanlah suatu kombinasi hakikat dan bentuk maka sifat-sifat itu tak dapat melekat pada-Nya seperti bau dalam bunga atau cahaya pada bintang. la adalah sumber segala sifat dan tidak memerlukan perantara untuk perwujudan Sifat-sifat-Nya yang sempuma. la dinamakan Maha Mengetahui karena tanda-tanda pengetahuan-Nya nyata. la dinamakan Mahakuasa karena setiap partikel menunjukkan Kemahakuasaan dan kegiatan-Nya, dan bila pada-Nya disifatkan Kemampuan untuk mendengarkan atau melihat, hal itu disebabkan kepaduan antara seluruh penciptaan dan pengurusannya tidak dapat dilakukan tanpa mendengar atau melihat; tetapi adanya sifat-sifat ini pada-Nya tidak dapat dipandang sama dengan yang ada pada ciptaan, yakni tidaklah la baru dapat mengetahui setelah la beroleh pengetahuan, atau baru berkuasa setelah tenaga masuk ke dalam anggota-Nya, karena mengambil sifat sebagai terpisah dari Wujud-Nya akan mengandung makna ganda, dan di mana ada kegandaan maka keesaan menghilang. Itulah sebabnya Amirul Mukminin menolak ide sifat-sifat sebagai tambahan kepada Wujud-Nya; ia mengajukan Keesaan (Tauhid) dalam maknanya yang sesungguhnya, dan tidak mengizinkan Tauhid dinodai dengan kemajmukan.

Hal ini tidak berarti bahwa sifat-sifat sama sekali tak dapat diatributkan kepada-Nya, karena ini akan memberikan dukungan kepada orang-orang yang meraba-raba di jurang gelap negativisme, sekalipun setiap penjuru dan sudut di seluruh eksistensi melimpah dengan sifat-sifat-Nya dan setiap zarah ciptaan menyaksikan bahwa la mempunyai pengetahuan, la berkuasa, la mendengar, la melihat. la memelihara dan mengizinkan pertumbuhan dengan rahmat-Nya. Maksudnya ialah bahwa bagi Dia tak ada sesuatu yang dapat disarankan sebagai tambahan kepada-nya, karena diri-Nya meliputi sifat-sifat, dan sifat-sifat-Nya bermakna diri-Nya meliputi sifat-sifat. Marilah kita pelajari tema ini dalam kata-kata Imam Ja'far ibn Muhammad ash-Shadiq (as) dengan membandingkannya dengan keimanan akan Keesaan yang ditempuh oleh paham-paham lain, kemudian menilai siapakah pembela konsep Tauhid yang sesungguhnya.

Imam Ja'far Shadiq mengatakan,

"Allah Yang Mahasuci dan Mahatinggi sejak semula telah mempunyai penge-tahuan sebagai Diri-Nya, sekalipun tidak ada sesuatu untuk diketahui, (mem­punyai) penglihatan sebagai Diri-Nya, sekalipun tidak ada sesuatu untuk dilihat, (mempunyai) pendengaran sebagai Diri-Nya, sekalipun tiada sesuatu untuk didengar, mempunyai kekuasaan sebagai Diri-Nya, sekalipun tidak ada sesuatu di bawah kekuasaan-Nya. Ketika la menciptakan benda-benda dan obyek pengetahuan menjadi nyata, pengetahuan-Nya menjadi berhubungan dengan yang diketahui, pendengaran dengan yang didengar, penglihatan dengan yang dilihat, dan kekuasaan dengan objek-objeknya." (Syeikh Shaduq, at-Tauhid, hal. 139)

Para imam Ahlulbait sepaham dalam kepercayaan ini, tetapi kalangan mayoritas telah menempuh jalan berbeda dengan menciptakan gagasan pembedaan antara Diri-Nya dan Sifat-sifat-Nya. Asy-Syahristani menulis dalam bukunya Kitab al-Milal wa an-Nihal,

"Menurut Abul Hasan Al-Asy'ari, Allah mengetahui melalui (sifat) tahu, Kuasa melalui kegiatan, berbicara melalui bicara, mendengar melalui pendengaran, dan melihat melalui penglihatan."

Apabila kita memandang sifat-sifat berbeda dan Diri-Nya secara ini, maka akan ada dua alternatif: sifat-sifat itu sudah ada pada-Nya sejak semula atau sifat-sifat itu terjadi kemudian. Apabila sifat-sifat itu sudah ada pada-Nya sejak semula, kita terpaksa mengakui objek-objek itu kekal sejauh sifat-sifat itu, yang semuanya bersaham dengan-Nya dalam kekekalan, tetapi "Mahasuci Allah dari apa yang merekapersekutuan". (QS. 9:31) Apabila kita menganggap bahwa sifat-sifat itu baru terjadi kemudian maka, di samping menundukkan-Nya pada perubahan-perubahan itu, akan berarti pula bahwa sebelum mendapatkan sifat-sifat itu la tidak tahu, tidak kuasa, tidak mendengar, dan tidak melihat, dan ini bertentangan dengan ajaran Islam yang mendasar.

[ii] Tentang Al Quran, Amirul Mukminin berkata bahwa ia mengandung uraian tentang perbuatan-perbuatan yang halal dan yang haram, seperti firman Allah:

"... padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba ...." (QS. 2:275)

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa) ...." (QS. 4:103)

"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang ter-dapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyatd bagimu." (QS. 2:168)

"Katakanlah: 'Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Esa. Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal kepada Tuhannya.dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadat kepada Tuhannya.'" (QS. 18:110)

"Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca Al-Kitab (Taurat)? Maka tidakkah kamu berpikir?" (QS. 2:44)

"Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba." (QS. 2:275)

Ia menjelaskan perbuatan-perbuatan yang wajib dan sunah, seperti:

"Apabilah kamu telah menyelesaikan shalat (takut), ingatlah akan Allah di waktu kamu berdiri, duduk atau berbaring, dan bilamana kamu merasa aman (dari musuh) maka dirikanlah shalat (sebagaimana biasa)." (QS. 4:103)

Di sini shalat (mengingat Allah) adalah wajib, sementara bentuk-bentuk lainnya dalam mengingat Allah adalah sunnah. Ia mengandung ayat-ayat yang n?sikh dan mans?kh, seperti masa iddah setelah kematian suami “empat bulan sepuluh hari”, (QS. 2:234) atau yang mans?kh seperti “hingga setahun lamanya tanpa disuruh pindah (dari rumah)”, (QS. 2:240) yang menunjukkan bahwa masa iddah itu harus setahun.

Di tempat-tempat tertentu ia menghalalkan yang haram, seperti, “Maka barangsiapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. 5:3)

la mengandung perintah-perintah yang khusus dan umum. Khusus ialah perin-tah di mana kata itu menunjukkan keumuman tetapi maknanya terbatas, seperti, "Aku telah melebihkan kamu (Bam Isra'il) atas seisi dunia." (QS. 2:47) Di sini kata dial- 'alamin (seisi dunia) terbatas pada masa tertentu itu, walaupun kata itu umum dalam makna harfiahnya.

Perintah-perintah yang umum ialah perintah yang luas dalam pengertiannya, seperti, "'Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. 4:32)

la mengandung pelajaran dan gambaran, seperti:

"Allah menghukum di dunia ini dan yang akan datang, dan di situ terdapat pelajaran." (QS. 79:25-26)

"Maka Allah mengazabnya dengan azab di akhirat dan azab di dunia." (QS. 78:25)

“Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang yang takut (kepada Tuhannya)”. (QS. 79:26)

“Perkataan yang baik dan pemberian maaflebih baik daripada sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Mahakaya lagi Maha Penyantun”. (QS. 2:263)

Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari kamu dan Kami angkatkan gunung (Thursina) di atasmu (seraya Kami berfirman): "Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan ingatlah selalu apa yang ada di dalamnya, agar kamu bertakwa." (QS. 2:63)

Maka Kamijadikan yang demikian itu peringatan bagi orang-orang di masa itu, dan bagi mereka yang datang kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (QS. 2:66)

Sesungguhnya bagi Allah tidak ada satu pun yang tersembunyi di bumi dan tidak (pula) di langit. (QS. 3:5)

Taat dan mengucapkan perkataan yang baik (adalah lebih baik bagi mereka). Apabila telah tetap perintah perang (mereka tidak menyukainya). Tetapi jikalau mereka benar (imannya) terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka. (QS. 47:21)

Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa danjanganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak. (QS. 4:19)

Katakanlah: "Apakah kamu memperdebatkan dengan kami tentang Allah, padahal Dia adalah Tuhan kami dan Tuhan kamu; bagi kami amalan kami, bagi kamu amalan kamu dan hanya kepada-Nya kami mengikhlaskan hati." (QS. 2:139)

Terdapat pelajaran di dalamnya bagi orang yang bertakwa kepada Allah." (QS. 3:138)

Ayat yang berisi gambaran misalnya, "Misal orang-orang yang menafkahkan harta bendanya di jalan Allah adalah ibarat sebutir benih yang menumbuhkan lima butir yang masing-masing butir mengandung seratus butir," (QS. 2:261)

la mengandung ayat-ayat yang kh?sh dan '?m. '?m ialah ayat yang tidak mengandung batasan tentang spesifikasi, seperti, "Ingatlah ketika Musa mengatakan kepada kaumnya, 'Allah memerintahkan kamu untuk menyembelih seekor sapi betina.'" (QS. 2:67)

Ayat yang kh?sh ialah ayat di mana penujukannya terbatas, seperti, "bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang belum pernah dipakai untuk membajak tanah maupun mengairi tanaman". (QS. 2:71)

Ada ayat muhkam?t dan mutasy?bih?t di dalamnya. Ayat muhkam?t ialah ayat yang tidak ada kerumitan di dalamnya, seperti, "Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu," (QS. 33:27) sedang ayat mutasy?bih?t ialah yang pengertiannya mengandung komplikasi, seperti, "Yang Rahman yang bersemayam di 'arsy" (QS. 20:5), yang arti lahiriahnya memberi kesan seakan-akan Allah secara jasmani duduk di singgasana padahal maksudnya ialah untuk menekankan wewenang dan kekuasaan-Nya.

Di dalamnya ada perintah-perintah singkat, seperti, "Dirikanlah shalat," (QS. 17:78) dan yang mengandung makna yang mendalam, seperti ayat-ayat yang mengatakan, "Dan tiadalah yang mengetahui takwilnya selain Allah dan orang-orang yang mendalam ilmunya." (QS. 3:7)

Kemudian Amirul Mukminin meluaskan tema ini dalam gaya lain dengan mengatakan bahwa ada beberapa hal di dalamnya yang wajib diketahui, seperti, "Maka ketahuilah bahwa tidak ada tuhan selain Allah." (QS. 47:19), dan ada lain-lain yang tidak perlu diketahui, seperti "alif l?m m?m" (QS. 2:1) dan sebagainya.

la juga mengandung perintah-perintah yang telah diulang-ulang oleh sunah Nabi, seperti, "Tentang perempuan-perempuan kamu yang berbuat zina, ambillah empat saksi laki-laki dan, apabila empat saksi itu datang, kurunglah perempuan itu hingga ajal mengakhiri hidupnya." (QS. 4:15) Hukuman ini berlaku di masa dini Islam, tetapi kemudian diganti dengan rajam dalam hal wanita bersuami.

Di dalamnya ada beberapa perintah yang menasakh perbuatan Nabi, seperti, "Hadapkanlah wajahmu ke Masjidil Haram" (QS. 2:149) yang dengan itu perintah untuk berkiblat ke Baitul Maqdis dinasakh.

la juga mengandung perintah-perintah yang hanya wajib pada masa waktu tertentu, yang sesudahnya perintah itu berakhir, seperti, "Apabila seruan untuk shalat dilakukan pada hari Jumat, maka bergegaslah kamu mengingat Allah." (QS. 62:9) la juga menunjukkan derajat-derajat larangan seperti pembagian dosa dalam yang ringan dan yang berat—yang ringan seperti "katakanlah kepada orang-orang mukmin untuk merendahkan matanya" (QS. 24:30), dan yang berat seperti "barangsiapa membunuh seorang mukmin dengan sengaja maka imbalannya ialah tinggal di neraka selama-lamanya ". (QS. 4:39) la juga berisi perintah-perintah di mana sedikit pelaksanaannya sudah cukup, tetapi ada kesempatan untuk pelaksanaan lebih jauh, seperti, "Bacalah Al Quran sebanyak yang dapat kamu lakukan dengan mudah. " (QS. 73:20)

Katakanlah kapada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka mena-han pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetaui apa yang mere­ka perbuat." (QS. 24:30)

Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak turut berperang) yang tidak mempunyui uzur dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta mereka danjiwanya. Allah melebihkan orang-orang yang berji­had dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk satu derajat. Kepada masing-masing mereka Allah menjanjikan pahala yang baik (surgu) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar. (QS. 4:95)

Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagi-mu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang \ang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi yung berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperolehnyu di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguh­nya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 73:20)

Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Dia Yang Mahaperkasa lagi Maha Penyayang. (QS. 26:9)

(alhassanain/ABNS)

0 komentar:

Sejarah

ABNS Fatwa - Fatwa

Pembahasan

 
AHLUL BAIT NABI SAW - INFO SEJARAH © 2013. All Rights Reserved. Powered by AHLUL BAIT NABI SAW
Top