SELAMAT DATANG DI AHLUL BAIT NABI SAW

AHLUL BAIT NABI SAW: Media Agama Dan Hati Umat Islam * Media Persatuan dan Kesatuan Sunni Dan Syiah



Pertanyaan:
Adakah riwayat dari Rasulullah Saw berkenaan dengan penyebutan Ali bin Abi Thalib dengan laqab Imam?
 
Jawaban Global:
Rasulullah Saw dalam banyak peristiwa menyebut dan memanggil Imam Ali As baik dengan namanya langsung (Ali)[1] atau pun dengan pelbagai gelar dan julukannya (seperti Abu Turab).[2]

Salah satu gelar khusus Ali As adalah Amir al-Mukminin As. Gelar ini diberikan oleh Rasulullah Saw dan bersabda, “Sampaikan salam kalian (kepada Ali) dengan gelar Amir al-Mukminin.”[3]

Imam Ali As juga dipanggil oleh Rasulullah Saw dengan gelar-gelar dan julukan-julukan lainnya seperti, Sayid al-Muslimin, Imâm al-Muttaqin, Qâid al-Ghurra al-Muhajjalin,[4] (yang bermakna pemimpin yang tangan, kaki dan keningnya terdapat cahaya putih yang memendari ruangan-ruangan surgawi. Dan juga bermakna pemimpin yang lantaran kegemaran ibadahnya membuat keningnnya bercahaya), Sayid al-Ausiya,[5] Ya’sub al-Mu’minin,[6] (Pembesar Orang-orang Beriman), Sayid al-‘Arab,[7] dan beberapa gelar lainnya.[8]

Sebagaimana yang telah disebutkan Rasulullah Saw juga memanggil Imam Ali As dengan gelar Imâm al-Muttaqin yang sebutan Imam juga disebutkan di dalamnya.
 

Referensi:
[1]. Silahkan lihat, Indeks: Nama Ali dalam Khutbah Ghadir, Pertanyaan 6853.
[2]. Silahkan lihat, Indeks: Julukan Abu Turab untuk Imam Ali As, Pertanyaan 14879.
[3]. Syaikh Thabarsi, I’lâm al-Warâ bi A’lâm al-Hudâ, hal. 154, Nasyr Islamiyah, Teheran, Cetakan Ketiga, 1390 H. Muhammad bin Ya’qub Kulaini, jil. 1, al-Kafi, jil. 1, hal. 292, Dar al-Kutub al-Islamiyah, Teheran, 1365 S.
[4]. Muhammad Baqir Majlisi, Bihâr al-Anwar, jil. 8, hal. 24, Muassasah al-Wafa, Beirut, 1404 H.
 
«...قَالَ النَّبِیُّ (ص) تُحْشَرُ أُمَّتِی یَوْمَ الْقِیَامَةِ حَتَّى یَرِدُوا عَلَیَّ الْحَوْضَ فَتَرِدُ رَایَةُ إِمَامِ الْمُتَّقِینَ وَ سَیِّدُ الْمُسْلِمِینَ وَ أَمِیرُ الْمُؤْمِنِینَ وَ خَیْرُ الْوَصِیِّینَ وَ قَائِدُ الْغُرِّ الْمُحَجَّلِینَ وَ هُوَ عَلِیُّ بْنُ أَبِی طَالِب...»
 
[5]. Ibid, jil. 31, hal. 437.
 
«... إِنَّ اللَّهَ تَبَارَکَ وَ تَعَالَى بَشَّرَنِی فِیکَ بِبُشْرَى لَمْ یُبَشِّرْ بِهَا نَبِیّاً قَبْلِی، بَشَّرَنِی بِأَنَّکَ سَیِّدُ الْأَوْصِیَاءِ...»
 
[6]. Ibid, jil. 35, hal. 56.
 
«... قَالَ النَّبِیُّ (ص) یَا عَلِیُّ أَنْتَ یَعْسُوبُ الْمُؤْمِنِینَ...»
 
[7]. Ibid, jil. 4, hal. 198.
 
«قَالَ النَّبِیُّ (ص) عَلِیٌّ سَیِّدُ الْعَرَبِ فَقَالَتْ عَائِشَةُ یَا رَسُولَ اللَّهِ أَ لَسْتَ سَیِّدَ الْعَرَبِ قَالَ أَنَا سَیِّدُ وُلْدِ آدَمَ وَ عَلِیٌّ سَیِّدُ الْعَرَبِ...»
 
[8].  Silahkan lihat, I’lâm al-Warâ bi A’lâm al-Hudâ, hal. 154.
 
(islamquest/ABNS)

0 komentar:

Sejarah

ABNS Fatwa - Fatwa

Pembahasan

 
AHLUL BAIT NABI SAW - INFO SEJARAH © 2013. All Rights Reserved. Powered by AHLUL BAIT NABI SAW
Top